Tesis

Gambaran Aliran Vena Jugularis Interna pada Cerebral Small Vessel Disease: Kajian pada White Matter Hyperintensities dan Gangguan Fungsi Kognitif = Internal Jugular Venous Flow in Cerebral Small Vessel Disease: a Study on White Matter Hyperintensities and Cognitive Dysfunction.

Latar belakang: Cerebral small vessel disease (CSVD) merupakan salah satu subtipe stroke iskemik dengan prevalensi tertinggi (45%). 1,2 Penyakit ini menyerang pembuluh darah dengan diameter < 50 µm. 3 Manifestasi klinis CSVD yang tersering adalah gangguan fungsi kognitif (45%). Pada pemeriksaan MRI, salah satu lesi CSVD yang paling sering ditemukan adalah white matter hyperintensities (WMH). Lesi WMH diketahui berhubungan dengan gangguan aliran vena jugularis interna (VJI). Penelitian tentang gambaran aliran VJI pada CSVD belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai gambaran aliran (kecepatan dan debit) VJI pada CSVD dengan gangguan fungsi kognitif. Metode: Studi potong lintang pada 40 pasien CSVD yang memiliki gangguan fungsi kognitif dan gambaran WMH pada pemeriksaan MRI. Instrumen pemeriksaan kognitif yang digunakan adalah MoCA-Ina, TMT-A, TMT-B dan Grooved Peg Board. WMH diklasifikasikan berdasarkan skala Fazekas. Pemeriksaan aliran VJI bilateral dilakukan menggunakan Ultrasonografi Doppler ada posisi berbaring (0°) dan berdiri (90°). Parameter yang dinilai adalah area penampang, kecepatan dan debit aliran. Sebagai pendalaman, hasil pengukuran parameter aliran VJI dibandingkan dengan penelitian terdahulu pada orang sehat. 6 Hasil: Sebanyak 40 subjek dengan rerata usia 60,8 + 9,0 tahun ikut serta dalam penelitian. Ranah kognitif yang terganggu pada CSVD adalah memori, fungsi eksekutif, dan kecepatan psikomotor. Berdasarkan derajat lesi, yang terbanyak adalah Fazekas 1 yaitu 67,5%. Area penampang VJI kanan dan kiri lebih kecil pada saat berdiri (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Zulfa Indah Kemalahayati Fadli - Nama Orang
Salim Harris - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang
Diatri Nari Lastri - Nama Orang
Benny Zulkarnaien - Nama Orang

No. Panggil
T18045fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Saraf.,
Deskripsi Fisik
xix, 95 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18045fkT18045fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran Aliran Vena Jugularis Interna pada Cerebral Small Vessel Disease: Kajian pada White Matter Hyperintensities dan Gangguan Fungsi Kognitif = Internal Jugular Venous Flow in Cerebral Small Vessel Disease: a Study on White Matter Hyperintensities and Cognitive Dysfunction.

Related Collection